
Assalamualikum Wr . Wb
Apa Kabar Sobat Blogger ,.. Salam Super ... Kali ini Kita Akan membahas tentang mobil mobil Asli Buatan Indonesia . Sungguh bangga ... Sebuah mobil karya anak bangsa Sendiri .. Dahulu sangat banyak sekali Mobil buatan indonesia yang sangat terkenal adalah Timor .. namun setelah era reformasi mobil tersebut sudah berhenti proses produksi nya ... dan sekarang kita bangga dengan muncul nya mobil karya anak SMK yang kualitas nya juga sangat bagus .... selain kedua mobil itu masih banya lagi mobil buatan indonesia ... Simaklah artikel Dibawah ini !!!
Mobil maleo dibidani oleh menristek BJ Habibie
tahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar
terjangkau oleh masyarakat. Mesin yang berkapasitas 1200 cc, merupakan
teknologi baru hasil kerja sama dengan perusahaan Australia yang
menggabungkan teknologi mesin 2 tak dengan teknologi injeksi
bahan bakar. Komponen lokal maleo direncanakan diatas 80%. Dipercaya
satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk
itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy Suharto anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti
Proyek nasionalisasi Mazda 323 Hatchback oleh PT Indomobil, model terakhir dari upaya ini adalah Mazda Van tren pada tahun 1994.
Kalla Motor pernah menciptakan mobil kecil bermesin 500 cc sebagai
calon mobil produksi Indonesia. Tidak diketahui kenapa tidak jadi
diproduksi.




Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan
merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda
empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL
(singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah
diharapkan sebagai pengganti Bajaj dan bemo
karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau
diproduksi di wilayah Jakarta. Sayang Kancil tidak mendapat tanggapan
yang cukup baik dari pemkot Jakarta ataupun masyarakat.
MACAN adalah Kendaraan berjenis minibus atau MPV dengan kapasitas
mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco. Dalam mengeluarkan mobil ini PT.
Texmaco menggandeng Mercedes Benz,
tercatat satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya
Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal
PT. Texmaco bangkrut karena krisis moneter pada 1997-1998.
Gang Car adalah sebuah mobil mini berkapasitas 2 orang buatan PT. DI
yang ditenagai mesin 125-200 cc. Mobil ini didesain utnk berukuran
cukup kecil sehingga bisa beroperasi di gang-gang sempit di daerah
perkotaan (maka dari itu dinamakan Gang Car). Proyek ini tidak pernah
terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut
dan merumahkan 9000-an karyawannya.
Marlip adalah mobil listrik produksi dari PT Marlip Indo Mandiri.
Perusahaan ini adalah perusahan yang didirikan melalui hasil riset di
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) dan merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi mobil listrik.
Saat ini MIM memfokuskan usaha untuk memproduksi kendaraan listrik
kegunaan khusus yang dapat digunakan di rumah sakit, padang golf, area
pabrik, perkantoran, lapangan bola, area hotel/ resort, tempat-tempat
wisata dan sejenisnya.
Jenis-jenis Marlip adalah Marlip Mosen Standard ( Mobilisasi Pasien), Marlip Type R410 yang menggunakan Ban dan Pelek buatan APEX, Marlip Type Smart ( untuk Area Perumahan dan Perkantoran), Marlip Type City Car (mobil perkotaan), Marlip Type LE 320 & LE 330( Lap.Golf, Patroli, Wisata), Marlip Tipe Hercules ( Area Hotel, Perkantoran, Bandara), dan Marlip Tipe Pick up
Arina adalah karya putra-putri Jawa Tengah, hasil kerjasama PT.
Wahana Cipta Karya Mandiri dengan stake holder industri otomotif Jawa
Tengah, antara lain ASKARINDO (asosiasi karoseri indonesia), klaster
industri komponen dan suku cadang Jateng, BP Dikjur, Koperasi Cor Logam
Batur Jaya (Ceper - Klaten), serta beberapa perguruan tinggi, antara
lain Universitas Negeri Semarang (Unnes), Politeknik Manufaktur Ceper,
dll.
ARINA adalah mobnas berbentuk microcar dengan tenaga penggerak dari mesin Sepeda motor berkapasitas 150 cc sampai 250 cc. Mobil mikro ini berkapasitas 4 orang penumpang.
Variant dari prototype pertama ARINA berupa UPV (Urban Personal Vehicle) yang didedikasikan bagi penduduk perkotaan yang mempunyai keterbatasan akan ruang garasi dan sempitnya jalan serta gang. Dengan lebar 120 cm, ARINA akan mudah dan leluasa berkeliaran di gang-gang di kota. Demikian juga dengan panjangnya yang kurang dari 300 cm, ARINA mudah diparkir di carport di rumah-rumah tipe 21 sekalipun.
ARINA UPV cocok untuk keluarga kecil, ibu-ibu muda yang mengantar anaknya sekolah sekaligus dapat mampir di minimarket, serta untuk anak sekolah dan mahasiswa.
Selain itu, versi ARINA ambulance feeder juga tersedia.
Dalam waktu dekat, ARINA versi microtaxi akan menghiasi jalanan di kota-kota di Indonesia
Produk utama kami adalah FIN Komodo yaitu kendaraan offroad jenis
CRUISER yang sangat lincah dan handal untuk digunakan sebagai kendaraan
penjelajah. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk
melaju relative kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relative irit.
Untuk medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 Km dapat dilalui dalam 6 - 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter, sehingga dapat survive didalam hutan selama 7 x 4 jam atau 4 hari perjalanan siang hari.
Komodo adalah kendaraan segala medan produksi PT. Fin Komodo Teknologi, kendaraan ini di desain untuk menjelajah segala medan dan bermesin hanya 180 cc. Pada tahun 2009 dikeluarkan juga Komodo versi Transmisi otomatis dengan mesin berkapasitas 250 cc. pada tahun 2009 Komodo ditawarkan dengan harga antara Rp 60 juta.
Komodo merupakan hasil rancang bangun dari para insinyur yang
berpengalaman dalam mendisain dan membangun pesawat terbang, sehingga
dihasilkan kendaraan yang ringan dan stabil sebagai hasil kalkulasi
formula yang biasa dipakai dalam struktur pesawat terbang, ringan, namun
kuat.
Pada saat ini, produksi Komodo sudah memasuki generasi ke 4 dengan perubahan pada setting mesin 4tak 250cc CVT dan CDI-nya, serta penggunaan Fin Hyper duty Shocks yang semakin memberikan ketangguhan bagi mobill Offroad Utility Vehicle ini. Untuk pada tahun 2011 ini harga Fin Komodo Standar adalah sebesar 70jt rupiah Franco Cimahi. Untuk versi tertutup/ canvas dijual seharga Rp. 78jt rupiah franco Cimahi.
Komodo menggunakan mesin CVT 250cc 4 tak otomatis dengan 2 perslening (maju dan mundur) hasil rancang bangun PT. Fin Komodo Teknologi dengan sistem OEM ke pabrikan, sehingga tidak ada kendaraan lain yang boleh memakai mesin hasil rancangan PT. Fin Komodo Teknologi ini tanpa ijin tertulis dari PT. Fin Komodo Teknologi.
Untuk peminat Fin Komodo, bisa langsung mengunjungi pabrik Fin Komodo di Jl. Kol Masturi no 106A ke arah lembang, disediakan track untuk test drive di Alam Wisata Cimahi (AWC) offroad track yang memiliki track sangat curam dan hanya komodo yang mampu melewatinya.
Truk Perkasa dari PT Texmaco ini merupakan satu satunya kendaraan
jenis truk yang diproduksi oleh perusahaan Indonesia. Truk ini mempunyai
kandungan lokal mencapai 90%. Mesin diesel yang digunakan adalah
lisensi dari Cummin Amerika, persneling ZF dari Jerman, gardan (axle) dari Eston Amerika serta badan adalah lisensi dari Leyland (Inggris). Tercatat TNI
telah memesan 1000 unit dan sampai tahun 2009 truk ini masih
operasional. Perkasa sudah tidak diproduksi lagi menyusul kebangkrutan
PT Texmaco.
Mobil Wakaba (Wahana Karya Anak Bangsa) adalah buatan komunitas
otomotif dan Disperindag Jawa Barat. Kendaraan ini dirancang untuk
berbagai jenis, yakni mobil pengolah lahan, mobil angkut hasil
pertanian, mobil pengolahan hasil pertanian, mobil angkutan umum
pedesaan, mobil perkebunan serta mobil penjualan.
Edited By : Adhan J.k
Apa Kabar Sobat Blogger ,.. Salam Super ... Kali ini Kita Akan membahas tentang mobil mobil Asli Buatan Indonesia . Sungguh bangga ... Sebuah mobil karya anak bangsa Sendiri .. Dahulu sangat banyak sekali Mobil buatan indonesia yang sangat terkenal adalah Timor .. namun setelah era reformasi mobil tersebut sudah berhenti proses produksi nya ... dan sekarang kita bangga dengan muncul nya mobil karya anak SMK yang kualitas nya juga sangat bagus .... selain kedua mobil itu masih banya lagi mobil buatan indonesia ... Simaklah artikel Dibawah ini !!!
Proyek Mobil Buatan Indonesia !!!
1. Maleo

2. MR 90

3. Kalla Motor


4. Bakrie Beta 97 MPV
Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers pernah menyiapkan mobil Minibus pada tahun 1994. Rancangan mobil ini berjenis Minibus atau MPV, mobil yang dinamakan Beta 97 MPV ini memiliki desain orisinal buatan rumah desain Shado asal Inggris, satu unit mobil contoh sudah dibuat dan diuji coba di Inggris. Pada bulan April 1995 disain Beta 97 MPV selesai dan mulai diperlihatkan ke manajemen Bakrie dan setelah itu, desain tersebut langsung dikembangkan hingga prototipe mobil ini selesai di tahun 1997. Namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.5. Timor (mobil)
Timor adalah merek mobil yang dijual Indonesia pada pertengahan tahun 1990, yang mana merupakan versi yang sama dengan merek mobil dari Korea Selatan, Kia Sephia. Mobil ini dimaksudkan sebagai mobil nasional Indonesia, seperti Proton di negara Malaysia. Karenanya, mobil merk Timor dibebaskan dari pajak-pajak dan bea lainnya yang biasa dikenakan pada mobil-mobil lain yang dijual di Indonesia. Timor adalah kepanjangan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat, dan nama lengkap perusahaannya adalah Timor Putra Nasional. Perusahaan ini dimiliki oleh Tommy Soeharto, anak dari mantan presiden Soeharto. Setelah krisis ekonomi Asia yang menyebabkan Kia Motors pada tahun 1997 bangkrut (pada tahun 1998 dibeli oleh Hyundai), dan keruntuhan rezim Soeharto, maka proyek Timor juga ditutup.
Daftar mobil yang pernah diproduksi Timor
- Timor S515 1498cc SOHC Karburator
- Timor S515i 1498cc DOHC Injeksi
- Timor SW516i 1600cc DOHC Injeksi
- Timor R Coupe
- Timor Sport Edition 1600cc Prodrive License
- Timor SOHC Injection
- Timor SL516i Limousine 4-doors & 6-Doors
- Timor S513/s2 City Car

6. Bimantara
Upaya membuat mobil Indonesia dengan menggandeng Hyundai (korea) milik PT Bimantara milik Bambang Trihatmojo.

7. Kancil

8. Texmaco Macan

9. Gang car

10. Marlip

Jenis-jenis Marlip adalah Marlip Mosen Standard ( Mobilisasi Pasien), Marlip Type R410 yang menggunakan Ban dan Pelek buatan APEX, Marlip Type Smart ( untuk Area Perumahan dan Perkantoran), Marlip Type City Car (mobil perkotaan), Marlip Type LE 320 & LE 330( Lap.Golf, Patroli, Wisata), Marlip Tipe Hercules ( Area Hotel, Perkantoran, Bandara), dan Marlip Tipe Pick up
11. Arina

ARINA adalah mobnas berbentuk microcar dengan tenaga penggerak dari mesin Sepeda motor berkapasitas 150 cc sampai 250 cc. Mobil mikro ini berkapasitas 4 orang penumpang.
Variant dari prototype pertama ARINA berupa UPV (Urban Personal Vehicle) yang didedikasikan bagi penduduk perkotaan yang mempunyai keterbatasan akan ruang garasi dan sempitnya jalan serta gang. Dengan lebar 120 cm, ARINA akan mudah dan leluasa berkeliaran di gang-gang di kota. Demikian juga dengan panjangnya yang kurang dari 300 cm, ARINA mudah diparkir di carport di rumah-rumah tipe 21 sekalipun.
ARINA UPV cocok untuk keluarga kecil, ibu-ibu muda yang mengantar anaknya sekolah sekaligus dapat mampir di minimarket, serta untuk anak sekolah dan mahasiswa.
Selain itu, versi ARINA ambulance feeder juga tersedia.
Dalam waktu dekat, ARINA versi microtaxi akan menghiasi jalanan di kota-kota di Indonesia
12. Tawon
Mobil yang diproduksi oleh PT Super Gasindo di Rangkasbitung, Banten ini, menggunakan bahan bakar bensin dan gas CNG, jadi sudah memenuhi standardisasi Euro III, sehingga ramah lingkungan. Mobil ini berkapasitas 650cc, 4 percepatan manual, dapat dipacu hingga kecepatan 100km/jam. Konsumsi gasnya 1kg untuk 20km. Mobil Nasional yang sudah mengandung 90% kandungan lokal inipun, dijual dengan harga 48 juta on the road dan akan dijual pada juli 2010 ini. Tawon akan memiliki 2 segmentasi pasar, yaitu sebagai pengganti bajaj, serta untuk mobil penumpang pribadi.13. Komodo
Untuk medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 Km dapat dilalui dalam 6 - 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter, sehingga dapat survive didalam hutan selama 7 x 4 jam atau 4 hari perjalanan siang hari.
Komodo adalah kendaraan segala medan produksi PT. Fin Komodo Teknologi, kendaraan ini di desain untuk menjelajah segala medan dan bermesin hanya 180 cc. Pada tahun 2009 dikeluarkan juga Komodo versi Transmisi otomatis dengan mesin berkapasitas 250 cc. pada tahun 2009 Komodo ditawarkan dengan harga antara Rp 60 juta.

Pada saat ini, produksi Komodo sudah memasuki generasi ke 4 dengan perubahan pada setting mesin 4tak 250cc CVT dan CDI-nya, serta penggunaan Fin Hyper duty Shocks yang semakin memberikan ketangguhan bagi mobill Offroad Utility Vehicle ini. Untuk pada tahun 2011 ini harga Fin Komodo Standar adalah sebesar 70jt rupiah Franco Cimahi. Untuk versi tertutup/ canvas dijual seharga Rp. 78jt rupiah franco Cimahi.
Komodo menggunakan mesin CVT 250cc 4 tak otomatis dengan 2 perslening (maju dan mundur) hasil rancang bangun PT. Fin Komodo Teknologi dengan sistem OEM ke pabrikan, sehingga tidak ada kendaraan lain yang boleh memakai mesin hasil rancangan PT. Fin Komodo Teknologi ini tanpa ijin tertulis dari PT. Fin Komodo Teknologi.
Untuk peminat Fin Komodo, bisa langsung mengunjungi pabrik Fin Komodo di Jl. Kol Masturi no 106A ke arah lembang, disediakan track untuk test drive di Alam Wisata Cimahi (AWC) offroad track yang memiliki track sangat curam dan hanya komodo yang mampu melewatinya.
14. GEA
GEA adalah mobil perkotaan (City car) produksi kerjasama antara PT Inka dan BPPT. Mobil ini Mesin Rusnas 650 cc yang merupakan mesin asli buatan Indonesia hasil riset BPPT. Dalam tahap pengembangan terlihat badan mobil terbuat dari serat kaca atau fiberglass dan berkapasitas 5 orang.
15. ESEMKA
Esemka adalah produk mobil hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang bekerja sama dengan institusi dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal (dalam negeri) berkisar antara 50%-90%.
16.Texmaco Perkasa

skrg mobil buatan bangsa sendiri terancam punah
BalasHapus