Contact us

SEJARAH LENGKAP PERKEMBANGAN KOMPUTER

" SEJARAH LENGKAP PERKEMBANGAN KOMPUTER "

Sebuah komputer adalah perangkat tujuan umum yang dapat diprogram untuk melaksanakan satu set terbatas aritmatika atau operasi logika. Karena urutan operasi dapat segera diubah, komputer dapat memecahkan lebih dari satu jenis masalah.

Secara konvensional, komputer terdiri dari setidaknya satu elemen pengolahan dan beberapa bentuk memori. Unsur pengolahan melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit sequencing dan kontrol yang dapat mengubah urutan operasi berdasarkan informasi yang disimpan. Perangkat periferal memungkinkan informasi yang akan diambil dari sumber eksternal, dan hasil usaha disimpan dan diambil.

Komputer digital elektronik pertama dikembangkan antara tahun 1940 dan 1945 di Britania Raya dan Amerika Serikat. Awalnya mereka adalah ukuran ruangan besar, sebagai kekuatan mengkonsumsi sebanyak beberapa ratus komputer pribadi modern (PC). [1] Di era ini mekanik analog komputer yang digunakan untuk aplikasi militer.

Modern komputer didasarkan pada sirkuit terpadu dengan jutaan miliaran kali lebih mampu dari mesin awal, dan menempati sebagian kecil dari ruang [2] komputer sederhana cukup kecil untuk masuk ke dalam perangkat mobile, dan komputer mobile dapat didukung oleh baterai kecil. . Komputer pribadi dalam berbagai bentuk mereka adalah ikon dari Era Informasi dan apa yang kebanyakan orang anggap sebagai "komputer". Namun, komputer tertanam ditemukan di banyak perangkat dari mp3 player untuk pesawat tempur dan dari mainan untuk robot industri yang paling banyak.



Sejarah komputasiPenggunaan pertama dari "komputer" kata tercatat pada 1613, mengacu pada seseorang yang melakukan perhitungan, atau perhitungan, dan kata dilanjutkan dengan arti yang sama sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 kata mulai mengambil makna yang lebih akrab, sebuah mesin yang melakukan perhitungan.
 
 

alat tenun kartu kertas
Terbatasnya fungsi awal komputer                                        
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah, perhitungan otomatis dan programabilitas, tetapi tidak ada perangkat tunggal dapat diidentifikasi sebagai komputer awal, sebagian karena aplikasi yang tidak konsisten dari istilah tersebut. Sebuah perangkat sedikit yang layak disebut meskipun, seperti beberapa alat bantu mekanis untuk komputasi, yang sangat sukses dan bertahan selama berabad-abad sampai munculnya kalkulator elektronik, seperti sempoa Sumeria, dirancang sekitar 2500 SM [4] yang keturunan memenangkan suatu kecepatan persaingan terhadap meja modern yang menghitung mesin di Jepang pada tahun 1946, [5] aturan slide, diciptakan pada tahun 1620-an, yang dilakukan pada lima misi ruang angkasa Apollo, termasuk untuk bulan [6] dan bisa dibilang astrolabe dan mekanisme Antikythera, sebuah komputer astronomi kuno yang dibangun oleh orang Yunani sekitar 80 SM [7] The Hero matematika Yunani dari Alexandria (c. 10-70 AD). membangun sebuah teater mekanis yang dilakukan sebuah drama yang berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks tali dan drum yang mungkin dianggap menjadi sarana memutuskan bagian mana dari mekanisme yang dilakukan tindakan dan kapan yang [8]. Ini adalah inti dari programabilitas.
Sekitar akhir abad ke-10, biarawan Perancis Gerbert d'Aurillac membawa kembali dari Spanyol gambar dari mesin ditemukan oleh bangsa Moor yang menjawab baik Ya atau Tidak untuk pertanyaan-pertanyaan itu ditanyakan. [9] Sekali lagi di abad ke-13, para biarawan Albertus Magnus dan Roger Bacon dibangun androids berbicara tanpa pengembangan lebih lanjut (Albertus Magnus mengeluh bahwa ia telah menyia-nyiakan empat puluh tahun hidupnya ketika Thomas Aquinas, ketakutan oleh mesinnya, hancur itu). [10]
Pada tahun 1642, Renaisans melihat penemuan kalkulator mekanik, [11] sebuah perangkat yang bisa melakukan semua operasi aritmatika empat tanpa bergantung pada kecerdasan manusia [12] Kalkulator mekanik. Berada di akar perkembangan komputer dalam dua cara terpisah . Awalnya, itu dalam mencoba untuk mengembangkan kalkulator lebih kuat dan lebih fleksibel [13] bahwa komputer pertama kali berteori oleh Charles Babbage [14] [15] dan kemudian dikembangkan [16] Kedua., Pengembangan kalkulator murah elektronik, penerus kalkulator mekanik, mengakibatkan pembangunan oleh Intel [17] dari sirkuit mikroprosesor pertama tersedia secara komersial terpadu.

 
Pertama untuk keperluan umum komputer

Pada 1801, Joseph Marie Jacquard membuat perbaikan pada alat tenun tekstil dengan memperkenalkan serangkaian kartu kertas menekan sebagai template yang memungkinkan alat tenun untuk pola rumit menenun secara otomatis. The Jacquard tenun yang dihasilkan merupakan langkah penting dalam pengembangan komputer karena penggunaan kartu menekan untuk mendefinisikan pola tenunan dapat dilihat sebagai awal, meskipun terbatas, bentuk programabilitas....
Itu adalah perpaduan dari perhitungan otomatis dengan programabilitas yang menghasilkan komputer dikenali pertama. Pada 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain komputer mekanik sepenuhnya diprogram, mesin analitis [20] keuangan terbatas dan ketidakmampuan Babbage untuk menolak bermain-main dengan desain. Berarti bahwa perangkat tidak pernah selesai-namun putranya, Henry Babbage , menyelesaikan versi sederhana dari unit komputasi mesin analitis itu (pabrik) pada tahun 1888. Dia memberikan demonstrasi yang sukses dari penggunaannya dalam tabel komputasi pada tahun 1906. Mesin ini diberikan ke museum Sains di South Kensington pada tahun 1910.
Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menemukan rekaman data pada media mesin yang dapat dibaca. Sebelumnya menggunakan mesin-dibaca media yang telah untuk kontrol, bukan data. "Setelah beberapa percobaan awal dengan kertas pita, ia menetap di kartu menekan ..." [21] Untuk memproses kartu menekan dia menciptakan tabulator, dan mesin keypunch. Ketiga penemuannya dasar dari industri pengolahan informasi modern. Skala besar otomatis pengolahan data kartu menekan dilakukan untuk Amerika Serikat 1890 Sensus oleh perusahaan Hollerith, yang kemudian menjadi inti dari IBM. Pada akhir abad ke-19 sejumlah ide dan teknologi, yang nantinya akan berguna dalam realisasi komputer praktis, telah mulai muncul: Boolean aljabar, tabung vakum (katup termionik), kartu menekan dan tape, dan teleprinter .
Selama paruh pertama abad ke-20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan model mekanik atau listrik langsung masalah sebagai dasar untuk perhitungan. Namun, ini tidak diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern.
Alan Turing secara luas dianggap sebagai bapak ilmu komputer modern. Pada tahun 1936 Turing memberikan formalisasi berpengaruh konsep algoritma dan perhitungan dengan mesin Turing, menyediakan cetak biru untuk komputer digital elektronik. [22] Dari perannya dalam penciptaan komputer modern, majalah Time dalam penamaan Turing salah satu dari 100 orang paling berpengaruh dari abad ke-20, menyatakan: "Faktanya tetap bahwa setiap orang yang keran di keyboard, membuka spreadsheet atau program pengolah kata, adalah bekerja di sebuah inkarnasi dari mesin Turing"


The Atanasoff-Berry Computer (ABC) adalah komputer digital pertama di dunia elektronik, meskipun tidak diprogram. [23] Atanasoff dianggap sebagai salah satu bapak dari komputer. [24] Diciptakan pada tahun 1937 oleh Iowa State College profesor fisika John Atanasoff , dan dibangun dengan bantuan dari mahasiswa pascasarjana Clifford Berry, [25] mesin itu tidak diprogram, yang dirancang hanya untuk menyelesaikan sistem persamaan linear. Komputer tidak menggunakan komputasi paralel. Sebuah 1973 putusan pengadilan dalam sengketa paten menemukan bahwa paten untuk ENIAC komputer 1946 berasal dari Atanasoff-Berry Computer.
The program komputer yang dikendalikan pertama diciptakan oleh Konrad Zuse, yang membangun Z3, mesin komputasi elektromekanis, pada tahun 1941 [26]. Komputer elektronik pertama diprogram adalah Colossus, yang dibangun pada tahun 1943 oleh Tommy Flowers.
George Stibitz diakui secara internasional sebagai seorang ayah dari komputer digital modern. Ketika bekerja di Bell Labs pada bulan November 1937, Stibitz menciptakan dan membangun sebuah kalkulator berbasis relay ia dijuluki "Model K" (untuk "meja dapur", di mana ia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Model kemudian menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika kompleks dan programabilitas. [27]
Sebuah suksesi perangkat komputasi terus lebih kuat dan fleksibel dibangun pada 1930-an dan 1940-an, secara bertahap menambahkan fitur utama yang terlihat pada komputer modern. Penggunaan digital elektronik (sebagian besar ditemukan oleh Claude Shannon pada tahun 1937) dan programabilitas lebih fleksibel adalah langkah yang sangat penting, tetapi mendefinisikan satu titik di sepanjang jalan ini sebagai "komputer elektronik digital pertama" adalah difficult.Shannon 1940 prestasi terkenal termasuk:

    
Konrad Zuse elektromekanis "Z mesin". The Z3 (1941) adalah mesin kerja pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programabilitas. Pada tahun 1998 Z3 itu terbukti menjadi Turing lengkap, sehingga menjadi komputer pertama operasional dunia. [28]
    
Non-programmable Atanasoff-Berry Computer (dimulai pada tahun 1937, selesai pada 1941) yang digunakan vakum tabung berbasis perhitungan, bilangan biner, dan memori kapasitor regeneratif. Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih kompak dari rekan-rekan (yang kira-kira ukuran meja besar atau meja kerja), karena hasil antara dapat disimpan dan kemudian dimasukkan kembali ke set yang sama elemen perhitungan.
    
Komputer Colossus rahasia Inggris (1943), [29] yang telah membatasi programabilitas tetapi menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung bisa cukup handal dan elektronik reprogrammable. Itu digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
    
The Harvard Mark I (1944), sebuah komputer skala besar elektromekanis dengan programmability terbatas. [30]
    
Balistik Penelitian Angkatan Darat AS Laboratory ENIAC (1946), yang digunakan aritmatika desimal dan kadang-kadang disebut komputer tujuan umum pertama elektronik (sejak Konrad Zuse Z3 tahun 1941 elektromagnet digunakan bukan elektronik). Awalnya, bagaimanapun, ENIAC memiliki arsitektur fleksibel yang pada dasarnya diperlukan rewiring untuk mengubah pemrogramannya.


 arsitektur Penyimpan program 

Beberapa pengembang ENIAC, mengakui kesalahannya, datang dengan desain yang jauh lebih fleksibel dan elegan, yang kemudian dikenal sebagai "arsitektur program yang disimpan" atau von Neumann arsitektur. Desain ini pertama kali secara resmi digambarkan oleh John von Neumann dalam Draft kertas Pertama Laporan di EDVAC, didistribusikan pada tahun 1945. Sejumlah proyek untuk mengembangkan komputer berdasarkan arsitektur program yang disimpan dimulai sekitar waktu ini, yang pertama selesai pada tahun 1948 di University of Manchester di Inggris, Manchester Kecil Mesin Eksperimental (SSEM atau "Baby"). Delay Elektronik Penyimpanan Otomatis Calculator (EDSAC), selesai setahun setelah SSEM di Cambridge University, adalah praktis pertama, non-eksperimental pelaksanaan desain program yang disimpan dan dimanfaatkan dengan segera untuk pekerjaan penelitian di universitas. Tak lama kemudian, mesin awalnya dijelaskan oleh von Neumann kertas-EDVAC-selesai tapi tidak melihat penuh waktu digunakan untuk tambahan dua tahun.

Hampir semua komputer modern mengimplementasikan beberapa bentuk dari arsitektur program yang disimpan, sehingga sifat tunggal dengan mana kata "komputer" sekarang didefinisikan. Sedangkan teknologi yang digunakan dalam komputer telah berubah secara dramatis sejak elektronik pertama, komputer untuk keperluan umum dari tahun 1940-an, sebagian besar masih menggunakan arsitektur von Neumann.
 Dimulai pada 1950-an, ilmuwan Soviet Sergei Sobolev dan Nikolay Brusentsov melakukan penelitian pada komputer terner, perangkat yang dioperasikan pada sistem tiga dasar penomoran -1,, 0 dan 1 daripada konvensional penomoran biner sistem atas yang kebanyakan komputer didasarkan. Mereka merancang Setun, komputer terner fungsional, di Moscow State University. Perangkat dimasukkan ke produksi terbatas di Uni Soviet, tetapi digantikan oleh arsitektur biner lebih umum.
Semikonduktor dan mikroprosesor
Komputer menggunakan tabung vakum sebagai elemen elektronik mereka digunakan di seluruh tahun 1950-an, tetapi oleh 1960-an sebagian besar telah digantikan oleh transistor semikonduktor berbasis mesin, yang lebih kecil, lebih cepat, lebih murah untuk menghasilkan, diperlukan lebih sedikit daya, dan lebih dapat diandalkan. Komputer transistorised pertama didemonstrasikan di University of Manchester pada tahun 1953. [31] Pada 1970-an, teknologi sirkuit terpadu dan penciptaan berikutnya mikroprosesor, seperti, Intel 4004 ukuran lebih menurun dan biaya dan kecepatan lebih meningkat dan keandalan komputer . Pada akhir 1970-an, banyak produk seperti perekam video yang terdapat komputer yang didedikasikan disebut mikrokontroler, dan mereka mulai muncul sebagai pengganti untuk kontrol mekanik dalam peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Tahun 1980-an menyaksikan komputer rumah dan komputer pribadi sekarang di mana-mana. Dengan evolusi internet, komputer pribadi menjadi yang biasa seperti televisi dan telepon dalam rumah tangga [rujukan?].

Smartphone modern adalah komputer sepenuhnya diprogram dalam hak mereka sendiri, dan pada tahun 2009 mungkin menjadi bentuk paling umum dari komputer tersebut dalam keberadaan [,.

program
Fitur mendefinisikan komputer modern yang membedakan mereka dari semua mesin lainnya adalah bahwa mereka dapat diprogram. Itu adalah untuk mengatakan bahwa beberapa jenis instruksi (program) dapat diberikan ke komputer, dan akan memproses mereka. Sementara beberapa komputer mungkin memiliki konsep yang aneh "instruksi" dan "output" (lihat komputasi kuantum), komputer modern berdasarkan arsitektur von Neumann seringkali memiliki kode mesin dalam bentuk bahasa pemrograman imperatif.

Dalam istilah praktis, sebuah program komputer mungkin hanya beberapa instruksi atau memperpanjang untuk jutaan instruksi, seperti melakukan program untuk pengolah kata dan browser web misalnya. Sebuah komputer modern khas dapat mengeksekusi milyaran instruksi per detik (gigaflops) dan jarang membuat kesalahan selama bertahun-tahun beroperasi. Program komputer besar yang terdiri dari beberapa juta instruksi dapat mengambil tim tahun programmer untuk menulis, dan karena kompleksitas tugas hampir pasti mengandung kesalahan.


Stored program arsitekturArtikel utama: Program komputer dan pemrograman Komputer
Bagian ini berlaku untuk komputer RAM yang paling umum mesin berbasis.
Dalam kebanyakan kasus, instruksi komputer sederhana: tambahkan satu nomor ke yang lain, memindahkan beberapa data dari satu lokasi ke lokasi lain, mengirim pesan ke beberapa perangkat eksternal, dll Instruksi ini dibaca dari memori komputer dan umumnya dilakukan (dijalankan) dalam urutan mereka diberikan. Namun, ada petunjuk biasanya khusus untuk memberitahu komputer untuk melompat ke depan atau mundur ke beberapa tempat lain dalam program ini dan untuk melanjutkan mengeksekusi dari sana. Ini disebut "melompat" instruksi (atau cabang). Selain itu, instruksi melompat dapat dilakukan terjadi kondisional sehingga urutan instruksi yang berbeda dapat digunakan tergantung pada hasil dari beberapa perhitungan sebelumnya atau beberapa peristiwa eksternal. Banyak komputer langsung mendukung subrutin dengan menyediakan jenis lompatan yang "mengingat" lokasi itu melompat dari dan lain instruksi untuk kembali ke instruksi berikut yang instruksi jump.
Pelaksanaan program dapat disamakan dengan membaca buku. Sementara seseorang biasanya akan membaca setiap kata dan baris dalam urutan, mereka mungkin pada waktu melompat kembali ke tempat awal teks atau melewatkan bagian yang tidak menarik. Demikian pula, komputer kadang-kadang dapat kembali dan ulangi petunjuk di beberapa bagian program berulang-ulang sampai beberapa kondisi internal terpenuhi. Ini disebut aliran kontrol dalam program dan itu adalah apa yang memungkinkan komputer untuk melakukan tugas berulang kali tanpa campur tangan manusia.
Relatif, orang yang menggunakan kalkulator saku dapat melakukan operasi aritmatika dasar seperti menambahkan dua angka hanya dengan menekan beberapa tombol. Tetapi untuk menambahkan bersama semua nomor dari 1 sampai 1.000 akan mengambil ribuan menekan tombol dan banyak waktu, dengan kepastian dekat membuat kesalahan. Di sisi lain, komputer dapat diprogram untuk melakukan hal ini hanya dengan instruksi sederhana. 


 

1 Review:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Latih dan ajak bermain D.O.G